Jumat, 09 Mei 2008

JAWABAN US E-BUSINESS

SOAL 1

Pengetahuan yang paling penting pada perkuliahan ini adala bagaimana kita mengimplementasikan Electronic Buiness. Sejauh ini saya hanya mendapatkan teori dan biasanya teori yang didapatkan akan mudah untuk dilupakan. Dari perkuliaan ini, saya mendapat pengetahuan yang lebih banyak mengenai dunia maya. Seperti pembuatan blog, Google Adwords, Google Trends, Google Analytics dan yang terpenting adalah saya dapat melakukan simulasi mengenai e-commerce atau jua beli di dunia maya yang belum pernah saya ketahui dan lakukan sebelumnya. Sehingga ke depan, ada kemungkinan untuk melakukan operasi jual beli di dunia maya atau mencari informasi mengenai produk yang akan kita beli.

SOAL 2

Electronic Business memiliki peranan yang sangat penting bagi organisasi. Berbagai kemudahan yang diberikan dapat membantu perusahaan di dalam pencapaian tugas organisasi terutama pada bagian pemasaran, promosi dan publikasi perusahaan. Dengan menggunakan teknologi ini, organisasi dapat melakukan operasi bisnis yang TIDAK TERBATAS, baik dalam hal waktu, ruang, sasaran konsumen, dsb. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini, maka sudah saatnya persahaan meninggalkan operasi manual dan beralih pada operasi yang brbasis teknologi.

SOAL 3

Ada suatu kelemahan dalam operasi e-business ini, yaitu

  1. Buyer tidak dapat ‘meraba’ produk yang akan dibelinya
  2. Buyer tidak bisa melihat kualitas produk secara langsung
  3. Seller tidak mengetahui secara jelas bagaimana karakteristik pembelinya
  4. Risiko tidak diterimanya pembayaran, ataupun sebaliknya risiko tidak diterimanya produk yang dipesan.
  5. Banyaknya kejahatan bisnis yang dapat dilakukan pada operasi ini.

Melihat berbagai kelemahan tersebut, maka modal terpenting dalam operasi e-business ini adalah kepercayaan antara seller dan buyer. Kemudahan yang diberikan oleh operasi bisnis ini tidak diikuti oleh risiko yang akan diterima oleh pelaku bisnis walaupun berbagai sistem security sudah diterapkan dalam operasi ini. Sehingga kepercayaan sangat penting dalam dalam operasi bisnis ini.

Amazon dan Yahoo memberikan jaminan kepercayaan kepada merchant dengan memberikan security insurance guarantee. Sehingga dalam melakukan transaksi, pihak Amazon dan Yahoo memberikan berbagai asuransi terhadap produk yang akan dibeli oleh buyer. Berbagai risiko kerusakan atau ketidakpusan buyer dapat diminimalisasi dengan adanya jaminan kepercayaan ini.

Amazon dan yahoo memberikan data-data produk yang telah dibeli buyer sebelumnya dan menamoilkan interaksi antar buyer sebelumnya sehingga new buyer dapat mengevaluasi kualitas produk yang akan dibelinya.

SOAL 4

Electorinic Commerce sangat penting dalam e-business karena di dalam e-commerce terdapat berbagai fasilitas yang dapat digunakan dalam e-business terutama di dalam proses penawaran produk, pembayaran dan memfasilitasi untuk mempertemukan buyer dan seller yang tidak bisa bertatap muka. Electronic business tidak akan berjalan lancar tanpa perusahaan melaksanakan e-commerce.

Kehidupan manusia yang semakin hari semakin modern akan menuju ke arah konvergensi sehingga akan muncul layanan dan life style baru yang lebih dinamis. Di lain pihak, trend teknologi NGN menuju IMS (IP Multimedia Subsystem) akan membawa dampak pula terhadap trend jenis layanan yang akan berkembang. Trend layanan tersebut adalah layanan yang berupa konvergensi layanan wireless dan wireline yang bisa saling dikombinasikan satu sama lain dalam waktu yang bersamaan atau simultan.

SOAL 5

ERP menjadi tulang punggung dari operasi e-business karena hal utama yang harus dilakukan perusahan untuk dapat melakukan operasi e-business adalah harus bisa mengintegraskan berbagai fungsi yang ada di dalam perusahaan. Untuk dapat mengintegrasikan berbagai fungsi dalam perusahaan, maka perusahaan harus memiliki sistem ERP yang baik. Apabila perusahaan belum bisa menerapkan ERP, maka perusahaan tersebut akan sulit untuk melakukan operasi e-business.

Di dalam perusahaan saya bekerja, sistem ERP sudah dilaksanakan walaupun fungsi-fungsi di dalam organisasi masih belum terintegrasi dengan baik dan maksimum.

Tidak ada komentar: